Rumus Rubik 4x4 Lengkap Dan Panduan Cara Menyelesaikannya Bagi Pemula.
Cara bermain rubik 4x4 sebenarnya gampang-gampang susah, artinya ada banyak gampangya dan susahnya sedikit. Karena pada intinya teknik bermain rubik 4x4 adalah sama dengan rubik 3x3. Prinsip dasar dari keduanya sama, mempunyai center, edge dan corner. Soal rumusnya pun bisa saya katakan 80% sama, hanya saja nantinya antara algoritma akan ada sedikit perbedaan rumus yang akan kita gunakan.
Perbedaan ini disebabkan karena kubus rubik 3x3 memiliki 3 layer dan 1 titik center sedangkan 4x4 memiliki 4 layer dan 4 titik center (2x2). Agar lebih jelas perhatikan gambar berikut.
Nah, oleh karena itu jika kalian ingin bermain rubik 4x4 sebelumnya saya sarankan kalian mahir rubik 3x3 terlebih dahulu, ataupun paling tidak bisa memahaminya diluar kepala. Jika belum silakan pelajari tutorialnya di blog ini.
Baca Juga Artikel Populer Di Blog Ini :
Baca Juga Artikel Populer Di Blog Ini :
- Cara Cepat Bermain Rubik 3x3 Dengan Metode Fridrich. (30 Detik Solve).
- Cara Bermain Rubik 3x3 Untuk Pemula (Beginner Method).
Jika kalian sudah mahir, barulah kita lanjutkan pada level 4x4. Baiklah seperti biasa agar tidak mengalami kebingungan saat mempraktekkan rumus, sebelumnya akan saya jelaskan bagian-bagian rubik 4x4 dan arah pergerakannya.
Bagian-bagian rubik 4x4.
Arah pergerakan rubik 4x4 (4x4 notations)
U (Up) : Adalah gerakan memutar sisi atas searah jarum jam.
Uw (U double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi atas searah jarum jam.
U' (U aksen): Adalah gerakan memutar sisi rubik bagian atas berlawanan arah jarum jam.
u (inner up) : Adalah gerakan memutar sisi atas bagian dalam (layer ke-2 dari atas kebawah)searah jarum jam.
u (inner up) : Adalah gerakan memutar sisi atas bagian dalam (layer ke-2 dari atas kebawah)searah jarum jam.
F (Front) : Adalah gerakan memutar sisi depan searah jarum jam.
Fw (F double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi depan searah jarum jam.
Fw (F double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi depan searah jarum jam.
F' (F aksen) : Adalah gerakan memutar sisi depan berlawanan arah jarum jam.
f (inner front) : Adalah gerakan memutar sisi depan bagian dalam (layer ke-2 dari depan)searah jarum jam.
f (inner front) : Adalah gerakan memutar sisi depan bagian dalam (layer ke-2 dari depan)searah jarum jam.
L (Left) : Adalah gerakan memutar sisi kiri searah jarum jam.
Lw (L double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi kiri searah jarum jam.
Lw (L double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi kiri searah jarum jam.
L' (L aksen) : Adalah gerakan memutar sisi rubik sebelah kiri berlawanan arah jarum jam.
l (inner left) : Adalah gerakan memutar sisi kiri bagian dalam (layer ke-2 dari pinggir)searah jarum jam.
l (inner left) : Adalah gerakan memutar sisi kiri bagian dalam (layer ke-2 dari pinggir)searah jarum jam.
R (Right) : Adalah gerakan memutar sisi kanan searah jarum jam.
Rw (R double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi kanan searah jarum jam.
Rw (R double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi kanan searah jarum jam.
R' (R aksen) : Adalah gerakan memutar sisi kanan berlawanan arah jarum jam.
r (inner right) : Adalah gerakan memutar sisi kanan bagian dalam (layer ke-2 dari pinggir)searah jarum jam.
r (inner right) : Adalah gerakan memutar sisi kanan bagian dalam (layer ke-2 dari pinggir)searah jarum jam.
B (Back) : Adalah gerakan memutar sisi belakang searah jarum jam.
Bw (B double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi belakang searah jarum jam.
Bw (B double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi belakang searah jarum jam.
B' (B aksen) : Adalah gerakan memutar sisi belakang berlawanan arah jarum jam.
b (inner back) : Adalah gerakan memutar sisi belakang bagian dalam (layer ke-2 dari belakang)searah jarum jam.
b (inner back) : Adalah gerakan memutar sisi belakang bagian dalam (layer ke-2 dari belakang)searah jarum jam.
D (Down) : Adalah gerakan memutar sisi bawah searah jarum jam.
Dw (D double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi bawah searah jarum jam.
Dw (D double) : Adalah gerakan memutar 2 sisi bawah searah jarum jam.
D' (D aksen) : Adalah gerakan memutar sisi bawah berlawanan arah jarum jam.
d (inner down) : Adalah gerakan memutar sisi bawah bagian dalam (layer ke-2 dari bawah ke atas)searah jarum jam.
d (inner down) : Adalah gerakan memutar sisi bawah bagian dalam (layer ke-2 dari bawah ke atas)searah jarum jam.
LANGKAH PERTAMA : MEMBUAT CENTER (2x2)
Pada rubik 4x4 kita harus membuat center dengan 4 buah titik atau 2x2.
Caranya, pertama kita perhatikan dulu standar dari urutan warna yang benar. Pada umumnya urutan warnanya adalah Kuning (atas) dan Putih (bawah), dari kanan ke kiri : Merah - Biru - Oranye - Hijau (M.B.O.H)
Perhatikan gambar.
Untuk tahapan membuat center yg sesuai urutan adalah
- Membuat center putih
- Membuat center kuning
- Membuat center merah
- Membuat center biru
- Membuat center oranye
- Membuat center hijau
Ok Lanjut !
1. Pertama-tama kita akan membuat center dari warna putih terlebih dahulu. Maka dari itu carilah warna putih yang berada di area center dan kita akan buat slot 1x2 terlebih dahulu. Perhatikan gambar
|
|
Pada gambar 1 ada pieces warna putih yang ditandai 'objek' akan kita pindahkan pada 'posisi target' dengan cara memutar r, maka hasilnya bisa kita lihat seperti pada gambar 2, itulah yang disebut slot 1x2. Nah sekarang kita sudah punya satu slot, kita butuh satu lagi, caranya sama lihat pada gambar yang ditandai 'objek' bisa kita pindahkan pada 'posisi target'.
|
|
Jika sudah terbentuk slot 1x2 lainnya, kita tinggal insert atau menggabungkannya. Jika dilihat pada kasus gambar 4 cara insert-nya adalah U Lw' sehingga terciptalah sebuah center (2x2) yang sempurna seperti gambar dibawah ini.
center 2x2 |
Untuk pertama kali kita tidak perlu khawatir saat insert, tetapi untuk tahap selanjutnya harus hati2 dan ada tatacaranya agar center yang sudah jadi tidak kembali rusak saat melakukan insert slot yang lain.
2. Selanjutnya adalah kita akan melakukan hal yang sama pada sisi kebalikannya yaitu kuning, berarti kita akan membuat center warna kuning. Kita balikan dulu rubik agar center putih berada dibawah. Nah setelah itu baru kita buat center kuningnya. Cara-caranya masih sama yaitu dengan cara membuat dua pasang slot 1x2 terlebih dahulu dan kemudian insert atau menggabungkan.
Kali ini kita musti hati2 saat melakukan insert slot. Berikut contoh kasus dan solusinya.
|
| ||||
|
|
3. Kita lanjut membuat center merah, sama halnya membuat center putih kita bebas melakukan insert slot. Caranya sama persis yaitu membuat slot 1x2 lalu insert.
4. Membuat center warna selanjutnya sama dengan cara membuat center kuning, musti hati-hati saat insert slot-nya agar tidak merusak kondisi center lain yang sudah jadi.
Adapun kasus-kasus yang akan kalian jumpai pun sama. Berikut contoh kasus dan solusinya.
>
Ada 12 pasang edge yang harus kita pairing semua. Saya ingatkan sekali lagi selama kita mem-pairingsemua edge satu persatu, ada hal yang harus diperhatikan agar sisi edge yang sudah ter-pairing dengan baik tidak rusak atau acak-acakan lagi saat mem-pairing edge lainnya.
Yaitu sebelum kita melakukan insert R U' R' atau L' U L (algoritma bagian tengah dari Uw' R U' R' Uwatau Uw L' U L Uw'). Perlu diusahakan bahwa edge yang sudah jadi taruh dibelakang dan edge yang menghadap ke kita dalam kondisi yang belum jadi.
Algoritma yang digunakan adalah Dw R F' U R' F Dw'. Dan, kini semua edge sudah ter-pairing dengan sempurna.
Jika sudah sampai tahap ini, disinilah titik awal kita bisa menerapkan rumus rubik 3x3. Perhatikan gambar berikut untuk menyamakan rubik 4x4 sebagai rubik 3x3.
Seperti halnya pada rubik 3x3 hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat cross putih dan seterusnya. Tentunya karena prinsip dan prosesnya sama dengan rubik 3x3, saya yakin di tahap ini kalian sudah bisa. Ataupun jika kalian ingin lebih jelasnya lagi kalian bisa klik link dibawah ini untuk menuju tahap penyelesaiannya.
Pada tahap tersebut ada kalanya kita bisa langsung solving atau selesai dengan rumus rubik 3x3 saja, adakalanya kalian akan menemui kondisi lain yang harus menggunakan cara lain pula untuk menyelesaikannya.
Misalnya pada saat membuat cross kuning, kalian akan menemui kondisi dimana kondisi ini sering diungkapkan dengan kondisi 'error parity' atau kalau saya biasa menyebut 'kepala banteng' terbalik.
Jika kalian menemui kondisi ini, pake rumus 3x3 1000x pun tidak akan bisa, karena ada rumusnya tersendiri. Rumus yang digunakan atau algoritmanya adalah :
Dengan rumus ini maka cross kuning bisa kembali seperti kondisi pada rubik 3x3.
Dan yang terakhir ada kondisi dimana ada 2 pasang edge yang terbalik atau tertukar tempatnya.
Rumusnya adalah r2 U2 r2 Uw2 r2 Uw2 U2. Selesai !
Selamat, kini kamu sudah bisa menyelesaikan rubik 4x4 dengan baik. Saya yakin kalau kalian mengikuti step by step secara seksama, tidak akan ada kesulitan yang berarti.
Karena semua bisa dilakukan dengan mudah jika kita menyukainya, dan jika kalian merasa ini bermanfaat jangan lupa share ke temen-temen kamu dan di bagikan dimedia sosial lainnya agar tutorial bermain rubik 4x4 ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya.
Jika ada hal yang masih bingung silakan jangan ragu untuk beri komentar dibawah, akan segera saya respon secepatnya jika saya sudah membacanya.
|
| ||||
|
|
Tahap membuat center selesai.
LANGKAH KEDUA : EDGE PAIRING
Pada langkah ini, disinilah kesabaran kita diuji, langkah ini paling banyak memakan waktu.Yang mana jika pada rubik 3x3 hanya mempunyai satu pieces edge, pada rubik 4x4 ada 2 pieces edge yang harus di-pairing secara teratur. Coba perhatikan gambar dibawah ini secara seksama biar lebih jelas.
Pada langkah ini, disinilah kesabaran kita diuji, langkah ini paling banyak memakan waktu.Yang mana jika pada rubik 3x3 hanya mempunyai satu pieces edge, pada rubik 4x4 ada 2 pieces edge yang harus di-pairing secara teratur. Coba perhatikan gambar dibawah ini secara seksama biar lebih jelas.
|
|
Maksud dari pairing adalah memadukan atau mencocokkan setiap egde agar bertemu pasangan warna yang sama. Tahap inilah yang akan kita kerjakan.
Untuk melakukan edge pairing kita bisa memulai dari warna apa saja, misalnya kita punya warna merah-putih. Mula-mula carilah 2 pasang edge dengan warna tersebut, dan kemudian usahakan orientasi warna yang menghadap ke muka tidak boleh sama dan sejajar. Perhatikan gambar.
|
| ||||
|
|
Pada kasus warna yang menghadap muka tidak boleh sama seperti gambar 6 atau tidak sejajar 8. Untuk mem-pair sekaligus insert (atau jika bahasa mudahnya memadukan sekaligus menempatkan ke posisi aman) gunakan algoritma Uw' (R U' R') Uw.
Perlu diperhatikan bahwa saat melakukan edge pairing yang benar adalah perhatikan gmbar berikut.
Keterangannya adalah sebelum melakukan insert ke posisi semestinya, usahakan letakkan edge yang sudah pair dibelakang, dan yang belum pair di depan.
Adapun berikut contoh kasus-kasus dan solusinya.
|
| ||||
|
| ||||
Ada 12 pasang edge yang harus kita pairing semua. Saya ingatkan sekali lagi selama kita mem-pairingsemua edge satu persatu, ada hal yang harus diperhatikan agar sisi edge yang sudah ter-pairing dengan baik tidak rusak atau acak-acakan lagi saat mem-pairing edge lainnya.
Yaitu sebelum kita melakukan insert R U' R' atau L' U L (algoritma bagian tengah dari Uw' R U' R' Uwatau Uw L' U L Uw'). Perlu diusahakan bahwa edge yang sudah jadi taruh dibelakang dan edge yang menghadap ke kita dalam kondisi yang belum jadi.
Dengan melakukan cara yang benar dan hati-hati maka kita bisa melakukan tahap-tahap berikutnya tanpa ada kesulitan. Nah biasanya ada kalanya semua edge bisa terselesaikan cukup dengan rumus diatas, namun ada kalanya pada 2 edge terakhir ada kondisi dimana ada algoritma khusus untuk menyelesaikannya.
Nah, kondisi 2 pasang edge terkahir ini biasanya seperti ini (sejajar dan orientasi warna sama).
Nah, kondisi 2 pasang edge terkahir ini biasanya seperti ini (sejajar dan orientasi warna sama).
2 pasang edge terakhir |
Algoritma yang digunakan adalah Dw R F' U R' F Dw'. Dan, kini semua edge sudah ter-pairing dengan sempurna.
edge terpairing sempurna |
Jika sudah sampai tahap ini, disinilah titik awal kita bisa menerapkan rumus rubik 3x3. Perhatikan gambar berikut untuk menyamakan rubik 4x4 sebagai rubik 3x3.
Seperti halnya pada rubik 3x3 hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat cross putih dan seterusnya. Tentunya karena prinsip dan prosesnya sama dengan rubik 3x3, saya yakin di tahap ini kalian sudah bisa. Ataupun jika kalian ingin lebih jelasnya lagi kalian bisa klik link dibawah ini untuk menuju tahap penyelesaiannya.
Pada tahap tersebut ada kalanya kita bisa langsung solving atau selesai dengan rumus rubik 3x3 saja, adakalanya kalian akan menemui kondisi lain yang harus menggunakan cara lain pula untuk menyelesaikannya.
Misalnya pada saat membuat cross kuning, kalian akan menemui kondisi dimana kondisi ini sering diungkapkan dengan kondisi 'error parity' atau kalau saya biasa menyebut 'kepala banteng' terbalik.
Jika kalian menemui kondisi ini, pake rumus 3x3 1000x pun tidak akan bisa, karena ada rumusnya tersendiri. Rumus yang digunakan atau algoritmanya adalah :
Rw2 B2 U2 Lw U2 Rw' U2 Rw U2 F2 Rw F2 Lw' B2 Rw2.
Dengan rumus ini maka cross kuning bisa kembali seperti kondisi pada rubik 3x3.
Dan yang terakhir ada kondisi dimana ada 2 pasang edge yang terbalik atau tertukar tempatnya.
Rumusnya adalah r2 U2 r2 Uw2 r2 Uw2 U2. Selesai !
Selamat, kini kamu sudah bisa menyelesaikan rubik 4x4 dengan baik. Saya yakin kalau kalian mengikuti step by step secara seksama, tidak akan ada kesulitan yang berarti.
Karena semua bisa dilakukan dengan mudah jika kita menyukainya, dan jika kalian merasa ini bermanfaat jangan lupa share ke temen-temen kamu dan di bagikan dimedia sosial lainnya agar tutorial bermain rubik 4x4 ini bisa bermanfaat bagi siapapun yang membutuhkannya.
Jika ada hal yang masih bingung silakan jangan ragu untuk beri komentar dibawah, akan segera saya respon secepatnya jika saya sudah membacanya.
Komentar
Posting Komentar