Rahasia Sukses Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Pendapatan Adsense Blog

CPC atau Cost Per Click – jika diartikan ke dalam Bahasa Indonesia adalah Biaya Per Klik (BPK) – merupakan besaran komisi yang diberikan oleh Google (dalam dolar atau rupiah) setiap kali ada pengunjung yang mengklik iklan kamu.
.. sedangkan CTR (RKT atau Rasio Klik Tayang), adalah persentase dari berapa banyak jumlah klik yang kamu dapatnya jika dibandingkan dengan jumlah Tampilan Laman.
Kedua hal ini merupakan kunci untuk meningkatkan pendapatan adsense kamu. Artinya semakin tinggi CPC dan RKT, semakin besar pula penghasilan Adsense yang akan kamu terima..
.. karena penghasilan Adsense (Estimated Earnings) diperoleh dari CPC dikalikan dengan jumlah klik yang kamu peroleh.

Nah, jadi untuk meningkatkan pendapatan adsense, kamu perlu melakukan optimasi agar CPC dan RKT kamu meningkat.

Cara Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense

Resep sukses yang saya tuliskan pada artikel ini berdasarkan pengalaman pribadi dan juga berdasarkan rahasia sukses meningkatkan pendapatan adsense dari Felicia Handrawan yang merupakan Strategic Partner Manager dari tim Google Indonesia sendiri.
Sebelum lebih lanjut, pahami dulu apa-apa saja yang mempengaruhi Revenue (Penghasilan) adsense kamu, ini dia..
  • Pageview (Tampilan Laman) » berapa banyak tampilan keseluruhan laman yang dilihat oleh pengunjung pada blog yang terpasang iklan Adsense;
  • Impression (Tayangan) » berapa banyak jumlah iklan yang muncul di website/blog kamu;
  • Impression RPM (PPS Tayangan) » perkiraan pendapatan yang akan kamu dapatkan dalam 1000 tayangan. Hal yang mempengaruhi Impression RPM ini adalah :
    • CTR (RKT) » persentase dari berapa jumlah klik jika dibandingkan dengan iklan yang tayang (Impression);
    • CPC (BPK) » berapa kamu dibayar setiap iklan diklik.
Jadi bisa disimpulkan, untuk meningkatkan pendapatan adsense, kamu harus meningkatkan kelima unsur di atas.
Contoh :
  • Pageviews : 100.000
  • Impression : 200.000
  • Impression RPM : $1 (bagaimana menghitung RPM bisa baca di sini).
Maka..
Reveneu = Impression/1.000 x RPM
= 200.000/1.000 x $1
= $200
Tapi pada bahasan kali ini, saya hanya membahas cara meningkatkan CPC dan CTR saja karena untuk meningkatkan Pageviews dan Impression bahasannya bakal terlalu luas dan mungkin kamu sudah lebih ahli dari saya.

Bagaimana Cara Meningkatkan CPC (BPK)?

CPC sebenarnya memang sulit untuk dikontrol karena CPC sangat tergantung dari permintaan pengiklan/advertiser, sehingga naik turunnya tergantung musim.
CPC biasanya naik pada akhir triwulan (Maret, Juni, September), akhir tahun, musim liburan serta ada momen-momen perayaan penting seperti Ramadhan, Natal dan sebagainya.
.. karena pada momen-momen tersebut saatnya pengiklan/advertiser menghabis-habiskan budget mereka untuk biaya iklan.
Inilah alasan mengapa banyak blogger bahkan pihak Google sendiri lebih menyarankan untuk meningkatkan pendapatan adsense lebih fokus ke CTR dan Impression.
Meski begitu, bukan berarti kita cuma bisa pasrah saja, ada hal-hal yang masih bisa kita lakukan untuk meningkatkan CPC ini.
Ini dia..

#1. Performa Dari Ukuran Iklan

Perhatikan ukuran iklan adsense, ada ukuran-ukuran tertentu yang memiliki bayaran tinggi seperti ..
  • 728 x 90 (dekstop);
  • 336 x 280 (dekstop);
  • 160 x 600 (dekstop);
  • 320 x 100 (mobile).
Ketiga ukuran iklan di atas (728×90, 336×280, 160×600) cocok untuk tampil di Dekstop, sedangkan untuk Mobile/Smartphone cocok menggunakan ukuran 320×100.
Karena saat ini pengguna Internet lebih sering browsing dengan smartphone mereka, kamu bisa menggunakan metode manual responsive untuk ukuran iklan Dekstop di atas.
Mengenai manual responsive akan saya bahas lebih lanjut di artikel berikutnya..
Jadi kesimpulannya, ukuran iklan sangat menentukan besaran CPC yang akan kamu peroleh. Jadi pilihlah ukuran-ukuran iklan di atas karena memiliki CPC yang tinggi.

#2. Pilih Jenis Iklan (Ad type) Text & Display Ads

Selain ukuran iklan, jenis iklan (Ad type) juga merupakan salah satu kunci yang sering diabaikan oleh publisher adsense, padahal Ad type ini termasuk salah satu hal yang akan mempengaruhi besaran CPC yang kamu dapatkan.
Kenapa..
Jadi gini, pengiklan/advertiser itu ada yang menggunakan tipe text (Text Ads) dan ada juga yang tipe gambar (Display Ads).
Cara Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense
Dengan mengaktifkan keduanya akan membuat kedua jenis pengiklan ini bersaing memberikan harga terbaik untuk kamu, akhirnya CPC akan meningkat.

#3. Lebih Selektif Dalam Memblokir Iklan

Di Adsense, kamu diijinkan untuk memblokir pengiklan apa saja yang kamu inginkan.
Blokir hanya url iklan atau pengiklan seperlunya saja karena ternyata banyak blogger yang memblokir ratusan hingga ratusan URL / Advertiser.
Cara Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense
Terlalu banyak ngeblokir iklan akan mempengaruhi seberapa banyaknya pengiklan yang bisa membidding atau beriklan di website/blog kamu.
Semakin sedikit pengiklan maka otomatis persaingan akan semakin sedikit dan semakin emakin tidak ketat akhirnya harga CPC kamu akan semakin rendah.
.. dan jangan blokir play.googleplay.com.

#4. Tingkatkan Kualitas Artikel

Yang keempat, tingkatkan kualitas artikel kamu..
Lebih banyak teks dan lebih informatif akan lebih baik daripada hanya kebanyakan gambar, ini karena sistemnya Google bisa mempelajari lebih dalam tentang apa sih isi artikel yang kamu tulis.
Dengan begitu, iklan bisa lebih tertarget.
Semakin tertarget iklan, CPC akan semakin tinggi dan kemungkinan iklan “dipukul” juga semakin besar.

#5. Jangan Lakukan Kesalahan Ini

Jangan lakukan kesalahan ini karena bisa mempengaruhi seberapa tertargetnya iklan kamu yang akhirnya bisa mempengaruhi besaran CPC.
  • Pastikan website/blog kamu bisa di crawled oleh robot google, jadi jangan sampai salah setting robots.txt. Perhatikan error message di notifikasi google adsense kamu, jika ada coba perbaiki;
  • Jangan gunakan refresh tag;
  • Jangan modifikasi iklan Adsense terutama memasukkan kode iklan ke dalam IFRAME.

#6. Go Global

Bagi publisher adsense di Tanah Air, CPC yang kamu dapatkan memang sangat kecil jika dibandingkan dengan CPC blog-blog berbahasa Inggris..
Mengapa?
Ini alasannya..
Indonesia adalah negara berkembang, berbeda dengan negara-negara maju di luar sana sehingga market untuk periklanan digital di Indonesia belum sematang negara-negara maju.
Marketing di Indonesia masih banyak yang beriklan di koran, televisi, radio dan media lainnya sehingga budget untuk iklan mejadi terbagi-bagi. Itulah mengapa nilai CPC di Indonesia masih sangat rendah jika dibandingkan dengan negara-negara maju.
Jadi jika kamu ingin meningkatkan CPC, Go Global atau membuat blog berbahasa Inggris merupakan salah satu teknik yang bisa kamu lakukan.
Meski begitu, blog berbahasa inggris tidak serta merta membuat CPC kamu tinggi..
.. semua tergantung dari mana pengunjung blog kamu berasal.
Kalau yang baca dari India misalnya – yang pada umumnya mereka menggunakan Bahasa Inggris – tapi India masih termasuk negara berkembang jadi CPC yang kamu dapatkan juga biasanya masih rendah.

#7. Pilih Niche Blog dengan CPC Tinggi

Apakah niche atau tema blog mempengaruhi nilai CPC?
Iya..
Advertiser atau pengiklan itu mencari valuable user.
Contoh sederhana, iklan baju lebaran bakal memiliki CPC lebih rendah dibandingkan iklan mobil mewah, saya rasa kamu sudah paham mengapa bisa begitu..
Menurut Worthofblog.com, berikut niche blog dengan CPC tertinggi adalah :
  • Health – Blog tentang Kesehatan
  • Make Money Online – Blog tentang Bisnis Online
  • Technology – Blog tentang Teknologi
  • Relationship – Blog tentang Tips tentang hubungan baik
  • Celebrities – Blog tentang blog tentang dunia selebritas
  • Fashion – Blog tentang perkembangan mode, gaya hidup
  • Insurance – Blog tentang Asuransi
  • How to Blog – Blog tentang Cara ngeblog, tips blogging
  • Social Media – Blog tentang tentang Sosial Media
  • SEO – Blog tentang penjelasan tips dan optimasi Search Engine.
Itu dia 7 cara untuk meningkatkan CPC blog kamu.

Cara Meningkatkan CTR (Rasio Klik Tayang)

Sebenarnya berapa sih besaran CTR yang wajar dan aman?
Menurut Felicia sebenarnya tidak ada “magic number” atau besaran pasti, yang penting adalah seberapa valid klik yang kamu peroleh.
Jadi perhatikan Invalid trafic deduction atau klik tidak valid di Dashboard Adsense (bagian Payment) kamu.
Selain itu pastikan juga blog kamu sudah sesuai dengan kebijakan Adsense.
Lalu bagaimana cara meningkatkan CTR?
Ini dia..

#1. Ukuran Iklan Mempengaruhi CTR

Ukuran iklan sangat menentukan performa dari CTR.
Ini dia ukuran-ukuran yang memiliki kemungkinan besar “dipukul” oleh pengunjung blog.
  • 728 x 90 (dekstop);
  • 336 x 280 (dekstop);
  • 160 x 600 (dekstop);
  • 320 x 100 (mobile).
Sebaiknya gunakan manual responsive.

#2. Penempatan Iklan Yang Baik dan Benar

Penempatan iklan yang pas sangat mempengaruhi kemungkinan iklan yang tampil di klik oleh pengunjung.
Berikut diagramnya..
Tampilan Dekstop..
Cara Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense
Tampilan Mobile..
Cara Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense
Untuk Dekstop, peletakkan iklan yang paling Good Performance itu adalah di bagian akhir artikel sebelum kolom komentar dengan ukuran 336×280.
.. selanjutnya adalah di bagian awal artikel karena lebih dekat dengan mata pengunjung sehingga lebih besar kemungkinan diklik. Ukuran yang baik pada awal artikel adalah 336×280.
Untuk Mobile,
Minimal ada 1 iklan sebelum konten (above the fold) dengan ukuran 320×100.
Selanjutnya ditengah-tengah artikel dan bagian akhir dari artikel dengan ukuran resposive.

#2. Pastikan Viewabilty Lebih Dari 40%

Yang kedua, pastikan Viewability minimal 40% karena ini merupakan goal bagi publisher di Tanah Air.
Apa itu Viewabilty?
Viewability adalah persentase seberapa banyak sih sebenarnya pengunjung blog yang melihat iklan kamu.
Sistemnya Google menggunakan matriks menganggap iklan yang sebenarnya terlihat oleh pengunjung adalah jika iklan dilihat minimal 1 detik berarti viewabilty-nya adalah 50%.
Jadi misalnya iklan belum sempat loading tapi pengunjung sudah keburu menggeser laman ke bawah artinya iklan tidak terlihat dan tidak dianggap oleh Viewable.
Semakin tinggi persentase Viewabilty berarti semakin baik performa iklannya.
Untuk meningkatkan Viewablity, kamu bisa menggunakan tips :
  • Peletakan iklan di atas konten sebelum artikel (above the fold);
  • Gunakan format iklan Vertikal / Sticky (iklan menggantung);
  • Gunakan Lazy Loading atau Smart Loading (salah satu fitur di Jetpack bagi pengguna WordPress).
Untuk mengecek Viewabilty, masuk ke Dashboard Adsense dan pilih Performance Reports » Common Reports;

Lihat bagian Active View Viewable dan pastikan lebih dari 40%

#3. Tingkatkan Page Speed dari Blog Kamu

Meningkatkan Page Speed bisa mempengaruhi seberapa banyak iklan yang muncul dan seberapa besar Viewabilty dari iklan yang tayang di blog kamu.
Untuk mengecek seberapa cepat loading blog kamu, cek di https://developers.google.com/speed/pagespeed/insights/
Cara Menaikkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense
Page Speed atau kecepatan situs juga menjadi salah satu faktor dalam pengindeksan search engine.
Untuk cara meningkatkan Page Speed bisa baca artikelnya Mas Rohadi Right di sini.

#4. Beralih ke AMP (Accelerated Mobile Pages)

Mulailah mengadopsi format AMP (Accelerated Mobile Pages).
Blog dengan format AMP terbukti bisa meningkatkan CTR dan Viewability sehingga akan meningkatkan penghasilan Adsense kamu.
Cara Menaikkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) Untuk Meningkatkan Pendapatan Adsense
Selain itu, mulai bulan Juli 2018 akan ada perubahan algoritma google mengenai pengindeksan mesin pencari dimana kecepatan situs merupakan salah satu indikasi penting dalam perangkingan situs.
Cara-cara di atas sudah saya praktikkan sendiri dan berhasil meningkatkan CTR dan CPC di blog saya.
Demikian Rahasia Sukses Meningkatkan CPC (BPK) dan CTR (RKT) agar Pendapatan Adsense Bertambah.

Semoga bermanfaat..!

Komentar

Postingan Populer